Ratusan Siswa SMK Sukabumi Dapat Bantuan Persiapan Pelatihan Magang di Jepang, 31 Diantaranya Siswa SMKS 1 PGRI Kota Sukabumi


mitranewssukabumi.com - SMKS PGRI 1 Kota Sukabumi bekerjsama dengan International Organization for Standardization (ISO) melaunching bantuan pemerintah program persiapan pemagangan keluar negeri dan pelepasan peserta magang ke Jepang.


Kegiatan dilaunching Assisten Daerah Pemerintah dan Kesra, Kota Sukabumi Andri Firmansyah di aula SMKS PGRI 1, Jalan Pelabuhan II, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Rabu (08/05/2024).


Pada momentum ini sebanyak 119 siswa dari berbagai SMK Sukabumi mendapatkan program bantuan pelatihan untuk menempuh pendidikan di Jepang. Pelatihan tersebut merupakan tahapan menuju pendidikan magang sampai    jenjang penempatan kerja.


"Menurut saya kerjasama ini sangat positif ya untuk kemudahan bekerja diluar negeri sehingga mampu meningkatkan SDM bagi masyarakat Kota Sukabumi menjadi lebih bermutu dan beretika yang baik, "kata Asda Pemkes, Kota Sukabumi, Andri Firmansyah kepada wartawan


Berbeda dengan program-program   lain sebelumnya, Andri yakin program persiapan pelatihan persiapan kerja ke Jepang ini sangat terpecaya. Meskipun demikian, pihaknya akan melakukan tidakan pengawasan.


"Ya,kita akan terus mengawasi. Kita pun sudah melakukan pembicaraan dengan ISO dan APPI bagaimana kondisi mereka (siswa magang) dan kondisi lingkunganya. Kita akan terus mengawasi sampai mendapatkan pekerjaan,"tandasnya.


Director Bahasa Jepang ISO, Gegi Hartoyo mengutarakan, sebanyak 119 siswa- siswi yang terpilih akan dididik dan dilatih budaya dan bahasa jepang disekolah masing-masing kurang lebih sekitar 6 bulan.


"Jika mereka sudah memiliki kemampuan dasar bahasa Jepang maka kami akan lakukan boarding atau di asramakan di Depok (3 bulan) untuk melakukan pendidikan lebih intensif tentang atitude, mental dan motivasi sehingga mereka akan siap ditempatkan kerja di Jepang,"tuturnya.


Lebih lanjut Gegi memaparkan, bantuan tersebut merupakan program pemerintah pusat yang bantuannya dialokasikan 14 ribu peserta didik di seluruh Indonesia.


"Bantuan tersebut khusus untuk siswa SMK baik negeri maupun swasta. Sementara untuk Sukabumi  alhamdulilah terjaring 119 siswa/siswi dari 13 SMK,"imbuhnya.


Staf BKK, Diyanto mewakili Kepala Sekolah SMKS 1 PGRI Kota Sukabumi menyampaikan, untuk siswa-siswi SMKS 1 PGRI Kota Sukabumi terpilih 31 orang.



"Ya mereka mendapatkan program bantuan dari kementrian pendidikan khusus untuk pendidikan. Mereka di subsidi sampai mendapatkan sertifikat Internasional Bahasa Jepang. Itu akan diuji diakhir masa pendidikan yang sudah ditentukan,"pungkasnya. (Heru).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama