Bawaslu Kabupaten Sukabumi Resmi Melantik 141 Anggota Panwaslucam di Pilkada Tahun 2024


mitranewssukabumi.com - Ratusan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan resmi dilantik di Pangrango Resort, Jumat, 24 Mei 2024. Mereka yang dilantik ini, akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Baik itu Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat maupun Bupati/Wakil Bupati Sukabumi. 


Prosesi pelantikan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi ini, dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. 


Sekadar diketahui, terdapat 141 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik. Mereka akan bertugas di 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di mana, setiap kecamatan terdapat tiga anggota Panwaslu.


Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami meyakini para anggota Panwaslu Kecamatan mampu menjalankan tugasnya. Apalagi, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. 


"Saudara merupakan orang terpilih. Tiga orang ini penentu keberhasilan pilkada," ujarnya.


Bahkan, para anggota Panwaslu Kecamatan merupakan ujung tombak pengawasan. Maka dari itu, H. Marwan mengimbau untuk menjaga netralitas dan integritas. Hal itu demi terciptanya Pilkada yang jujur dan adil. 


"Keberhasilan Pilkada ini, salah satu halnya menjadi tanggungjawab saudara," ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengingatkan para pengawas untuk melek teknologi demi terciptanya pengawasan yang lebih menyeluruh. 


"Selain pengawasan secara langsung, kita pun harus bisa mengawasi di berbagai media. Jadi, kita juga harus menguasai teknologi," ungkapnya.


Namun dalam pengawasan, H. Marwan meminta Panwaslu Kecamatan untuk mengedepankan adat ketimuran. Selain itu, melihat kebiasaan yang berlaku di suatu daerah.


"Dalam melaksanakan tugas, lihat aturan, etika, dan norma yang berlalu di tempat kalian," bebernya.



Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat  Hj. Nuryamah menambahkan, Panwaslu yang baru dilantik harus sudah siap mengawasi tahapan pemilu. Apalagi, ada sekitar 10 tahapan yabg harus diawasi. 


"Kita harus sudah siap mengawasi semua tahapan," terangnya.


Maka dari itu, dirinya meminta untuk menjaga soliditas. Selain itu, harus bisa bekerjasama berkolaborasi, dan bersinergi. Baik di internal maupun ekternal. 


"Tolong jaga soliditas. Apalagi, di depan mata sudah menunggu tanggungjawab yang sangat berat," tegasnya.


Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifa'i mengatakan, mereka yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terpilih. Di mana, mereka telah melalui berbagai tahapan hingga akhirnya terpilih dan dilantik menjadi anggota Panwaslu Kecamatan.


"Sebanyak 12 orang itu, hasil rekrutmen terbuka. Sementara sisanya merupakan anggota Panwaslu Kecamatan saat Pemilu 2024 yang dipilih melalui metoda existing," bebernya.


Dalam kesempatan tersebut, dirinya menegaskan agar para anggota Panwaslu Kecamatan memegang teguh aturan. Apalagi, mereka yang dilantik telah menandatangani pakta integritas.


"Jadikan aturan sebagai komandan. Harus ingat pakta integritas," tegasnya.


Maka dari itu, pasca pelantikan ini akan dilaksanakan bimbingan teknis terhadap mereka yang dilantik. 


"Kita mengadakan acara hingga 25 Mei. Sebab, nantinya akan dilanjutkan bimtek," pungkasnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama