Puskesman Karawang menuju Predikat Paripurna, Peningkatan mutu & Pelayanan bagi Masyarakat

 


MitranewsSukabumi.com - Sebanyak tiga puskesmas di kabupaten sukabumi telah tuntas  menjalani  akreditasi perdana tahun 2023. Proses re-akreditasi ini dilakukan langsung oleh surveyor dari lembaga penyelenggara akreditasi yang di tetapkan kementrian kesehatan republik Indonesia (kemenkes RI).

 

Berdasarkan informasi yang di himpun,total 58 puskesmas di kabupaten sukabumi seluruhnya harus menjalani proses re-akreditasi untuk peningkatan mutu dan pelayanan bagi masyarakat.

 

Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri kesehatan nomor 34 tahun 2022 tentang akreditasi puskesmas,klinik,laboraturium kesehatan,unit transfuse darah,tempat praktek mandiri Dokter dan Tempat praktik mandiri dokter Gigi.Dimana akreditasi ini dilaksanakan secara berkala setiap lima tahun.

 

Level akreditasi puskesmas sendiri dibagi menjadi lima. Yakni tidak terakditasi, Terakreditasi Dasar, madya, utama, dan paripurna. Semakin tinggi tingkat akreditasinya,dinilai semakin bagus juga mutu dan pelayanannya.

 

Plt kepala dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten sukabumi Agus Sanusi mengatakan, dari 58 baru tiga puskesmas di kabupaten sukabumi yang menempuh akreditasi perdana di tahun 2023 ini.

 

Diantaranya, Puskesmas kalapanunggal yang di gelar pada 19-21 juni 2023, puskesmas kabandungan 10-12 juli 2023,dan teranyar puskesmas karawang 22-24 agustus 2023.

 

“Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan puskesmas setelah di lakukan penilaian oleh surveyor,” ujar agus 

 

Agus mengungkapkan,dari hasil akreditasi langsung kemenkes RI tersebut, puskesmas kalapanunggal berhasil raih hasil penilaiam tertinggi yaitu predikat paripurna,sedangkan puskesmas kabandungan raih predikat utama.

 

 


“Puskesmas kalapanunggal paling bagus predikat paripurna.kalau puskesmas karawang belum muncul hasilnya,nanti sekitar dua mingguan (baru muncul),” ungkap Agus.

 

“ jadi tingal 55 (puskesmas) lagi,(bertahap) sampai Desember 2023 ini harus selesai,” Sambungnya.

 

Untuk 55 puskesmas yang belum terakreditasi ulang tersebut,kata agus, Dinkes kabupaten sukabumi hingga kini terus melakukan pendampingan dan pembinaan dengan target bisa mendapat predikat paripurna.

 

Agus kemudian berpesan kepada puskesmas yang sudah terakriditasi paripurna dan utama untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

“khusus puskesmas karawang yang baru diakreditasi tingkatkan saja untuk pelayanan,pertahankan yang sudah ada dan kekurangannya tinggal konsultasi ke dinas (kesehatan)baik SDM maupun sarana pra sarananya,” tandasnya. 

 


 

Kepala Puskesmas Karawang Rita hermawati menjelaskan  Puskesmas Karawang ini menjadi puskesmas yang ke 3 dari 58 puskesmas yang ada dikabupaten sukabumi yang sudah dilaksanakan   survey akreditasi oleh tim  surveyor dari lembaga penyelenggara akreditasi, dimana Puskesmas karawang ini di survey oleh tim penyelenggara dari mulai tanggal 22 – 24 Agustus 2023

 

“harapan kami yang paling utama bahwa kami bisa terus meningkatkan mutu pelayanan dan setelah di survey kita harus terus melaksanakan peningkatan mutu layanan kepada masyarakat, dilihat apakah masyarakat memang sudah puas dengan seluruh layanan yang diberikan oleh puskesmas khususnya oleh tenaga-tenaga kesehatan”. Tambahnya



Sementara camat Sukabumi gin gin Ginanjar Permana menuturkan intinya kami ditanya dan di mohon informasi terkait testimoni oleh tim surveyor, bagaimana pola koordinasi komunikasi yang dilaksanakan oleh ibu kapus dan rekan rekan di puskesmas secara umum


"Kami menyampaikan apa adanya, Inzaallah harapan dan tujuan bahwa nanti puskesmas Karawang bisa naik ke lavel menjadi paripurna akan tercapai". Ucapnya

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama