BUAH DURIAN UNGGULAN SUKABUMI SIAP BERSAING DI KANCAH NASIONAL

 

 

MitraNews Sukabumi - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyatakan buah durian unggulan Sukabumi siap bersaing di kancah nasional. Sebab durian lokal Sukabumi tidak kalah rasa dan kualitasnya dibandingkan durian daerah lain.



Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat menutup Festival Durian Lokal Unggulan Kabupaten Sukabumi tahun 2023 yang digelar di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Minggu (8/1/2023).



"Buah durian unggulan ini Insya Allah kita siap bersaing dengan durian daerah lain, kita ingin menggagas pelaksanaan festival tingkat nasional bisa dilaksanakan di Kab. Sukabumi" Ungkapnya



Wabup Iyos menjelaskan, ada enam varietas durian yang siap ditampilkan, diantaranya varietas durian Vanessa, Sibo, Sisultan, Sibugis, Sirusa, Silenggut, Sicoklat. 



"Enam varietas durian ini menjadi salah satu ikon buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi yang memiliki rasa dan tekstur daging yang manis, lembut serta biji yang kecil" Jelasnya. 



Wabup menyebutkan, apabila varietas durian di Kabupaten Sukabumi dikelola dengan baik maka akan memberikan multiplayer efek terhadap pertumbuhan ekonomi para petani durian dan masyarakat semakin produktif. 



Maka dari itu Wabup akan terus mendorong stakeholder terkait untuk mempromosikan varietas durian unggulan tersebut ke kancah nasional maupun internasional. 



Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti menjelaskan, melalui festival durian lokal unggulan Kabupaten Sukabumi tahun 2023 ini bertujuan untuk mempromosikan varietas durian ke khalayak banyak.


"Varietas durian Kab. Sukabumi ini cukup banyak, sehingga jangan sampai varietas ini diklaim oleh daerah lain" Terangnya



Kadistan menjelaskan, ada tujuh varietas durian unggulan yang akan didaftarkan menjadi unggulan daerah dan siap berlaga dengan unggulan dari daerah lain. Bahkan apabila varietas tersebut menjadi yang sangat unggul maka akan didaftarkan menjadi varietas unggulan nasional. 



"Varietas durian Kab. Sukabumi diharapkan bisa mewakili rasa penggemar panatik durian di kancah internasional" Harapnya



Kadis menambahkan, petani durian di Kab. Sukabumi akan terus diberikan edukasi dalam segi perawatan, pemupukan dan lainnya. Hal ini agar kualitas rasa buah durian tersebut semakin berkualitas dan siap bersaing. 

 



"Inilah yang terus kita edukasi terhadap para petani agar menghasilkan kualitas yang semakin baik" Bebernya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama