DESA SUKAMEKAR KECAMATAN SUKARAJA DIKUNJUNGI TIM VERIFIKASI PROVINSI JAWA BARAT

 


Mitranewssukabumi.com - Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat mengunjungi Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 30 November 2022. Mereka datang untuk mengevaluasi akhir Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tahun 2022.

Kedatangan tim tersebut, disambut Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, Sekda Ade Suryaman, kepala perangkat daerah, Forkopimda, Forkopimcam, dan stakeholder terkait lainnya.

Sebelum melaksanakan verifikasi, mereka disuguhi berbagai penampilan dari masyarakat.

H. Iyos Somantri mengatakan, P2WKSS merupakan program yang sangat baik. Terutama dalam meningkatkan sinergitas serta kolaborasi antara seluruh stakeholder. Bahkan, bisa memberikan perubahan tatanan di masyarakat.

"Kehadiran program P2WKSS di desa ini, memberikan perubahan yang sangat signifikan. Semua bergotong-royong dan bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat. Ini konsep yang luar biasa dan semuanya ikut terlibat," ujarnya.

Berbagai pemberdayaan tercipta di sini lewat program tersebut. Hal itu seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan yang akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pemberdayaan ekonominya, di sini ada pengrajin tanaman hias, kerajinan olahan kayu, hingga potensi wisata yang sangat bagus. Semua ini demi peningkatan peran wanita menuju keluarga sejahtera," ucapnya.

Atas semua itu, dirinya mengucapkan selamat bertugas kepada tim vefikasi P2WKSS. Dirinya berharap, lokasi P2WKSS di Desa Sukamekar ini dapat memberikan kesan terbaik.

"Semoga kedatangan tim verifikasi ke tempat kami ini dapat berkesan hingga memberikan pikiran yang segar dan tenang," ungkapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan menambahkan, banyak yang diberdayakan dalam program P2WKSS ini. Hal itu diantaranya pembangunan PJU, rambu penunjuk jalan, peningkatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan bencana, literasi, berbagai pelatihan lainnnya.

"Kita juga ada pengembangan forum anak daerah, pemeliharaan ruas jalan,  termasuk salah satunya pelatihan minyak dari kelapa, pemanfaatan bambu, renovasi RTLH, pembuatan taman ramah anak, hingga penataan wisata Situ Cijeruk," bebernya.

Apalagi, di Desa Sukamekar memiliki SDM dan SDA yang luar biasa. Terutama, potensi pariwisata, peternakan, dan pertanian.

"Program ini berupaya mengembangkan SDM lewat SDA dan lingkungan, guna mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera," bebernya.

Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Jawa Barat Ari Antari Ratna Dewi mengatakan, kegiatan ini merupakan program terpadu untuk peningkatan peranan wanita dalam pembangunan. Terutama, dalam mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera, dan bahagia. Sehingga, perempuan berperan sebagai subjek dalam pembangunan.

"Terdapat lima hal yang dilakukan mulai dari, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak," jelasnya.

Menurutnya, penguatan P2WKSS ini menjadi inovasi Pemprov Jabar. Hal itu sebagai upaya meningkatkan indek pembangunan dan pemberdayaan gender.

"Program ini sejalan dengan visi- misi Pemprov Jabar," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi program Perahu Kertas yang digagas Pemkab Sukabumi. Maka dari itu, dirinya berharap prinsip inovasi dan kolaborasi dalam P2WKSS tetap dipegang teguh dan semakin ditingkatkan.

"Semoga kegiatan ini tidak terhenti setelah penilaian. Namun, dapat berkelanjutan dan sarana prasarananya dapat dimanfaatkan serta dipelihara masyarakat," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan sesi wawancara oleh tim verifikasi. Selain itu, dilanjutkan dengan sesi peninjauan ke lokasi P2WKSS.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama