YASPI Assukandariyah Latih Ratusan Pemuda Pajampangan Tanaman Hidroponik




Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Assukandariyah implementasikan program Pesantren Preneur dalam bentuk Training Vokasi Bidang Pertanian untuk pemuda di Pajampangan. Pelatihan kali ini fokus pada pengelolaan tanaman sayuran hidroponik.


Yayasan yang beralamat di Kampung Ciputat Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap Jampangkulon Sukabumi ini, menggelar acara Training Vokasi selama 2 hari bertempat di Villa Pondok Alief Pantai Cibuaya Ujung Genteng Sukabumi bekerjasama dengan Asdep Kewirausahaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. (14-15/11/22).




Hadir dalam kesempatan ini para Narasumber dari Tim Paguyuban Hidroponik Sukabumi, lbu Sulastri, S.Pd dan rekan. Hadir juga dari unsur pemerintahan yaitu Kepala Desa Ujung Genteng, Bapak Sahid Siam, S.Pd, dan dari unsur Yayasan yaitu Ketua Pembina Yaspi Bapak.H. Badrudin, S.Pd.l, MM, Ketua Yayasan Assukandariyah, H. D.Sukendar, M.Ag, dan ketua Panitia D. Aziz Abdul Latief, SH. 


Ketua panitia, D. Aziz Abdul Latief menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan ini dinamakan Training Vokasi Bidang pertanian bagi pemuda di Pajampangan, dan kami mengambil konsentrasi pengelolaan tanaman hidroponik. 


Masih menurut D.Aziz tujuan dari pelatihan ini memberikan informasi dan wawasan mengenai alternatif teknik bertani yg lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan lahan sedikit tapi mendapatkan keuntungan yg lebih besar. Tegas nya.




D. Aziz juga menambahkan bahwa peserta yg diundang berjumlah 100 orang dari berbagai pesantren dan majlis ta'lim yg ada di Pajampangan dan mereka sangat antusias mengikutinya, sebagaigaimana dirasakan salahsatu peserta, Rizki, Santri Ponpes Sirojul Umah Surade. Menurut nya kegiatan tersebut sangat berkesan dan berterimakasih kepada YASPI Assukandariyah yg telah mengundangnya. " Kegiatan ini sangat berkesan karena dapat menambah ilmu dan wawasan, kami berterimakasih kepada YASPI Assukandariyah atas undangannya". Ungkap Rizki.


Hal senada diungkapkan oleh Tim Narasumber dari Paguyuban Hidroponik Sukabumi, Sulastri, menurutnya ia sangat bangga dan puas, peserta nya sangat luar biasa, diharapkan kedepannya para peserta menjadi santri Preneur. "Mudah-mudahan apa yg kami tim PHS sampaikan bisa ada out put untuk para santri dan kedepannya untuk meningkatkan taraf ekonomi yg lebih baik, jadi kedepannya para santri itu menjadi santri Preneur petani hidroponik yg bermartabat dan berakhlakul karimah. Tuturnya.


Sementara itu Pembina Yayasan Pendidikan Islam Assukandariyah, H. Badrudin berpesan kepada para peserta yg notabene para santri dan pemuda di pajampangan agar dapat melaksanakan dan mengamalkan ilmu yg sudah di dapatkan dari kegiatan ini. "Intinya semua peserta bisa memanfaatkan keilmuan yg didapatkan dari pelatihan ini". Tegasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama