RAKOR FORIKAN JABAR, NUNUNG BERHARAP BANYAK INOVASI DORONG GEMAR MAKAN IKAN

 

Radio elmitra news - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati  mengikuti rapat koordinasi Forikan (Forum Peningkatan Konsumi Ikan)  bersama Forikan Jawa Barat di Hotel Holiday Inn Kota Bandung, Kamis 24 November 2022.

 

Forikan sendiri merupakan forum yang bergerak dalam mensosialisasikan gemar makan ikan kepada  masyarakat luas.



Narasumber pada kegiatan rakor tersebut adalah Sekretaris Umum Forikan Indonesia, Bunda Forikan Kota Cimahi, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Anggota Forikan Jawa Barat. 



Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP KKP, Ir. Isjaturradhijah, M.Si menyampaikan strategi peningkatan konsumsi ikan, untuk percepatan penurunan stunting. Ikan sebagai sumber pangan dan gizi karena memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi, komposisi asam amino yang lengkap, dan sumber vitamin D dan kalsium bagi pertumbuhan tulang. 


Ir. Isjaturradhijah mengajak seluruh pengurus Forikan Se- Jawa Barat untuk terus menggencarkan kampanye gemar makan ikan. 



Dalam rakor tersebut, anggota forikan Kabupaten Kota yang didukung oleh Dinas yang membidangi kelautan dan perikanan Kabupaten Kota Se Jawa Barat, telah merumuskan hasil kesepakatan rencana program kerja di setiap lapisan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan.Salah satunya mengadakan kegiatan promosi gemarikan, dan sosialisasi inovasi untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan dalam rangka mengatasi stunting.

Menurut Kadis Perikananan, Nunung Nurhayati kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan semangat mengkampanyekan gemar makan ikan. 



"Mengingat angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukabumi masih terbilang rendah apabila di bandingkan dengan target tingkat konsumsi ikan nasional" ujar Nunung.



Menurutnya Ada cara yang bisa terus upayakan  agar masyarakat mudah mendapatkan ikan untuk dikonsumsi, di antaranya dengan memanfaatkan lahan tidur yang sempit menjadi lahan yang produktif seperti membudidayakan ikan di dalam ember 



Nunung berharap akan muncul banyak program inovasi dalam rangka mengkampanyekan gemar makan ikan. Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang senang mengkonsumsi ikan dan  merasakan manfaatnya.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama